Selamat datang di Website Resmi Humas MTs Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Kabupaten Pati

Kemampuan Minimal yang Harus dimiliki Seorang wali kelas

Minggu, 06 September 20150 komentar

Kemampuan Minimal yang Harus dimiliki Seorang wali kelas
Drs. Nur Hasanan, M.Pd
1.Membangun jembatan komunikasi. 
Wali kelas harus mampu membangun komunikasi  antara sesama siswa di kelas yang dibimbingnya, kelas lain, guru, kepala sekolah dan dengan orang tua siswa. Komunikasi yang terbina memungkinkan terciptanya suasana kondusif dalam proses belajar siswa. Kondusif artinya suasana belajar dan bersosialisasi yang nyaman.
2.Mengelola administrasi kelas dengan rapi . 
Tugas wali kelas bersifat ganda. Selain mengelola administrasi perangkat mengajar, wali kelas juga telaten mengelola administrasi kelas. Kelas memiliki berbagai perlengkapan administrasi yang ada di buku maupun yang dipajang di dinding kelas.
3.Menghadapi karakter siswa yang beraneka ragam.
Sebuah kelas dihuni oleh siswa dengan karakter heterogen. Artinya, siswa dalam satu kelas memiliki  sikap dan tingkah laku yang beraneka ragam. Semua itu harus dihadapi wali kelas dengan sabar dan penuh kasih sayang. 
4.Bersikap adil kepada semua siswa.
Prinsip adil dan berkeadilan perlu juga diterapkan oleh wali kelas kepada siswa binaannya. Memperlakukan siswa sesuai kodratnya (pria dan wanita). Yang salah mendapat hukuman/sanksi namun yang berprestasi mendapat penghargaan minimal penghargaan bersifat verbal (kata-kata).
5.Menguasai psikologi pendidikan.
Yang dihadapi wali kelas adalah siswa yang berada pada usia taraf perkembangan. Dimana kondisi psikologis siswa belum stabil. Kadang-kadang suka malas dan bolos belajar. Membangkang pada guru bahkan orang tua. Suka melanggar aturan sekolah. Oleh sebab itu, wali kelas perlu melakukan pendekatan psikologis dalam pembinaan terhadap siswa. Barangkali, wali kelas itu juga seorang psikolog remaja.....wkwkwkwk
by: Anan
Share this article :

Posting Komentar

Masukan, kritik, saran yang membangun sangat kami harapkan demi kemajuan Madrasah Tarbiyatul Banin..

 
Support : Yayasan Tarbiyatul Banin | MTs Banin Website | Anan Nur- All Rights Reserved
Template Developed by YusufHasyimAddakhil