LOMBA 5K ANTAR KELAS
MTs TARBIYATUL BANIN
PEKALONGAN WINONG PATI
TAHUN PELAJARAN
2015/2016
TEKNIS PELAKSANAAN
o Perlombaan dimulai pada awal bulanOktober 2015 (setelah ujian mid semester
gasal)).
o Setiap siswa dalam satu
kelas wajib menjaga kelas sesuai kriteria 5 K yaitu :Kelengkapan,
Kebersihan, Keindahan, Ketertiban danKeamanan.
o Setiap hari, guru yang masuk ke setiap kelas memberikan penilaian kriteria
5K dengan format penilaian yang telah
ditentukan.
o Penilaian didasarkan atas pedomanpenilaianyang telah di tentukan.
o Hasil penilaian akan diakumulasikan diakhir bulan (Minggu ke empat akhir
bulan)
o Hasil akumulasi penilaian akan diumumkan pada hari senin pagi (setelah
upacara) awal bulan berikutnya untuk ditentukan pemenang Lomba 5K antar Kelas
tersbut.
o Kelas yang menang akan diberikan penghargaan berupa sertifikan Lomba 5K
antar kelas setiap edisinya.
o Dengan adanya Lomba 5K antar kelas ini diharapkan dapat mendisiplinkan
siswa dalam menerapkanKelengkapan, Kebersihan, Keindahan, Ketertiban danKeamanandengan
menciptakan lingkungan berbasis 5K.
1. BIDANG KELENGKAPAN KELAS
KELENGKAPAN
|
MELIPUTI
|
KETERANGAN &
PEDOMAN PENILAIAN
|
JUMLAH
|
|||||
Tdk ada
|
ada
|
|||||||
kurang baik
|
sedang
|
baik
|
||||||
0
|
1-5
|
6-10
|
11-15
|
|||||
a
|
Kaligrafi
|
|||||||
1
|
Allah+ muhammad
|
|||||||
2
|
Ayat2 al-qur’an berkaitan pendidikan
|
|||||||
3
|
Hadis terkait pendidikan
|
|||||||
4
|
Lainnya
|
|||||||
b
|
Gambar
|
|||||||
1
|
Presiden dan wakil presiden
|
|||||||
2
|
Pahlawan nasional
|
|||||||
3
|
Tokoh Ilmuwan muslim
|
|||||||
4
|
Foto anggota kelas bersama wali kelas
|
|||||||
c
|
Data administrasi (dinding)
|
|||||||
1
|
Struktur pengurus kelas
|
|||||||
2
|
Jadwal pelajaran
|
|||||||
3
|
Jadwal piket kebersihan
|
|||||||
4
|
Denah tempat duduk
|
|||||||
5
|
Radius tempat tinggal
|
|||||||
6
|
Data identitas siswa
|
|||||||
7
|
Papan absen
|
|||||||
8
|
Papan pengumuman
|
|||||||
d
|
Data administrasi (meja)
|
|||||||
1
|
Buku Jurnal
|
|||||||
2
|
Buku Absen kehadiran
|
|||||||
3
|
Buku bendahara kelas
|
|||||||
4
|
Buku kemajuan/prestasi kelas
|
|||||||
e
|
Kelengkapan meja guru
|
|||||||
1
|
Telapak
|
|||||||
2
|
Fas bunga
|
|||||||
f
|
||||||||
1
|
Sulak
|
|||||||
2
|
Sapu
|
|||||||
3
|
Ikrak
|
|||||||
4
|
Tempat sampah dalam ruangan
|
|||||||
5
|
Tempat sampah luar ruangan
|
|||||||
6
|
Alat pel/mop
|
|||||||
7
|
Rak sepatu
|
|||||||
8
|
Keset
|
|||||||
g
|
Kelengkapan alat tulis
|
|||||||
1
|
Spidol
|
|||||||
2
|
Penghapus
|
|||||||
3
|
Wadah/bakul alat tulis
|
|||||||
h
|
Media pembelajaran
|
|||||||
1
|
penggaris kayu/aluminium
|
|||||||
2
|
Jangka
|
|||||||
3
|
Busur
|
|||||||
i
|
penghijauan
|
|||||||
.
|
1
|
Adanya tanaman pot bunga dalam ruang
|
||||||
2
|
Adanya tanaman pot bunga di luar ruangan
|
|||||||
TOTAL
|
2. BIDANG KEBERSIHAN
NO
|
LOKASI
|
MELIPUTI
|
PEDOMAN PENILAIAN
|
JUMLAH
|
|||
kurang
|
sedang
|
baik
|
|||||
1-5
|
6-10
|
11-15
|
|||||
a
|
Dalam ruang kelas
|
||||||
1
|
Meja kursi siswa
|
||||||
2
|
Meja kursi guru
|
||||||
3
|
Lantai kelas
|
||||||
4
|
Langit2 kelas
|
||||||
5
|
Jendela dan kaca
|
||||||
6
|
Papan tulis
|
||||||
7
|
Tembok
|
||||||
b
|
Luar ruang kelas
|
||||||
1
|
teras
|
||||||
2
|
Gorong-gorong
|
||||||
TOTAL
|
3. BIDANG KEINDAHAN
NO
|
LOKASI
|
MELIPUTI
|
PEDOMAN PENILAIAN
|
JUMLAH
|
|||
kurang
|
sedang
|
baik
|
|||||
1-5
|
6-10
|
11-15
|
|||||
1
|
Dalam ruang kelas
|
||||||
1
|
Meja kursi siswa tertata dg baik
|
||||||
2
|
Meja kursi guru tertata dg baik
|
||||||
3
|
Susunan aksesoris ruangan tertata dengan
baik
|
||||||
2
|
Luar ruangan
|
||||||
1
|
Sepatu berada di rak tertata dg baik
|
||||||
TOTAL
|
4. BIDANG KETERTIBAN
NO
|
ASPEK
|
MELIPUTI
|
PEDOMAN PENILAIAN
|
JUMLAH
|
|||
kurang
|
sedang
|
baik
|
|||||
1-5
|
6-10
|
11-15
|
|||||
a
|
Pakaian
|
||||||
1
|
Siswa memakai pakaian seragam dan atributnya
|
||||||
b
|
Disiplin
|
||||||
1
|
Siswa mengikuti asmaul husna sebelum pelajaran pertama dimulai
|
||||||
2
|
Siswa masuk kelas sebelum pelajaran pertama di mulai
|
||||||
Berada di dalam kelas ketika jam KBM
|
|||||||
c
|
Adab
|
||||||
1
|
Berprilaku Sopan Terhadap Guru
|
||||||
2
|
Saling menghormati sesama murid
|
||||||
3
|
Berbicara dengan kata-kata yang baik terhadap guru
|
||||||
4
|
Berbicara yang baik sesama murid
|
||||||
5
|
Dapat bekerja sama antar teman
|
||||||
TOTAL
|
5. BIDANG KEAMANAN
URAIAN
|
PEDOMAN PENILAIAN
|
JUMLAH
|
||||
Sering
|
Pernah
|
Tidak pernah
|
||||
(> 2 kali)
|
( 2 kali)
|
(1 kali)
|
||||
0
|
5
|
15
|
50
|
|||
1
|
Tindakan pencurian
|
|||||
2
|
Tindakan asusila
|
|||||
3
|
Tindakan perkelahian
|
|||||
TOTAL
|
Pekalongan, 2 September 2015
Waka bidang SARPRAS
ttd
Ibnu Salim Muslih, S.Pd.I
+ komentar + 2 komentar
Man jadda wa jada...
bagus sekali... tapi lebih baik dibuat dalam bentuk format yang bisa diunduh...
Posting Komentar
Masukan, kritik, saran yang membangun sangat kami harapkan demi kemajuan Madrasah Tarbiyatul Banin..